Biaya Cetak Brosur Full Colour Irit Dengan 3 Tips Ini

Biaya cetak brosur full colour bisa ditekan sekecil dan seminimal mungkin apabila kita mengikuti tips yang dibagikan kali ini. Pastikan untuk mencobanya, dan hitung sendiri berapa persen dana yang bisa dihemat dengan tips ini.

Agar menarik minat dan interaksi yang maksimal dari orang yang membaca brosur kita, maka salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membuat brosur full colour (full warna). Namun tentu jenis brosur full colour ini membutuhkan biaya yang lebih banyak daripada brosur 1 warna. Tapi, jangan sedih dulu! Sebab tips menghemat biaya cetak brosur full colour ini setidaknya bisa membuat Anda sedikit terhibur, cieee…. đŸ™‚

Tak perlu basa basi, berikut adalah tips yang dimaksud :

 

Tips #1 : Cetak Dalam Quantity Banyak

Sudah dimaklumi bersama, bahwa rumus pasti dalam dunia percetakan adalah, “semakin banyak quantity, semakin murah harga unitnya”.

Maka tips agar bisa menghemat biaya cetak brosur full colour adalah dengan melakukan pemesanan dalam jumlah atau quantity yang banyak! Lalu berapakah jumlah yang disebut banyak tersebut? Semua tergantung dengan budget dan kebutuhan yang Anda miliki.

 

cetak brosur cepat berkualitas

(abaikan logo MIMBA Print pada gambar – sebab MIMBA Print sudah beralih nama menjadi AZKA PRATAMA Print Reborn, hehe…)

 

Kami pernah mendapatkan pertanyaan dari konsumen yang membutuhkan produk brosur. Dia bertanya tentang harga yang harus dikeluarkan untuk pembuatan brosur 1 muka ukuran 1/4 A4 dengan bahan art paper 120 gr. Kami pun mengkalkulasi semua biaya yang dibutuhkan dan menghasilkan perhitungan sebagai berikut :

  • Quantity 100 lembar, total biaya yang dibutuhkan Rp. 100.000,- (perhitungan harga brosur per lembarnya adalah Rp. 1000,-)

  • Quantity 16.000 lembar, total biaya yang dibutuhkan Rp. 1.440.000,- (perhitungan harga brosur per lembarnya adalah Rp. 90,-)

Dari contoh perhitungan di atas, bisa kita lihat sendiri betapa jauh perbedaan harga yang didapatkan apabila memesan brosur dengan quantity 100 lembar dan 16.000 lembar, padahal untuk spesifikasi dan kualitas yang sama. Inilah yang kami sarankan untuk Anda yang ingin menghemat biaya cetak brosur full colour, cetaklah dalam quantity yang banyak.

Namun kami juga tidak mewajibkan Anda untuk mencetak dalam jumlah hingga 16.000 lembar, karena berapapun kebutuhan brosurnya, insya Allah kami siap membantu memenuhi kebutuhan Anda.

 

Tips #2 : Biaya Cetak Brosur Lebih Hemat Tanpa Laminasi

Mengingat brosur merupakan sebuah sarana penyampaian informasi yang disebar, kemudian dibaca oleh target kita, lalu sebagian ada yang disimpan dan sebagian lagi ada tercecer di berbagai sudut tempat karena umumnya pembaca brosur hanya menerima informasi, menangkap apa yang ditawarkan, dengan 3 kemungkinan reaksi :

  • Jika tertarik mereka langsung menghubungi,

  • Apabila merasa akan membutuhkan mereka akan menyimpan nomor kontak untuk dihubungi, dan

  • Apabila tidak dibutuhkan mereka akan mengabaikannya begitu saja (disini kadang saya merasa sedih, hehe..).

Melihat kenyataan tersebut, maka cetaklah brosur dengan biaya yang kecil! Dan salah satu cara untuk menghemat biaya cetak brosur full colour adalah tidak usah dilaminasi!

Laminasi adalah pemberian lapisan tambahan di atas lapisan kertas brosur (bisa doff atau glossy), dengan maksud agar brosur nampak lebih elegan dan kertas tidak mudah rusak ketika dilipat. Namun fungsi ini rasanya tidak terlalu dibutuhkan jika diterapkan pada brosur standar.

Terkecuali brosur yang dikhususnya untuk orang-orang terpilih dan eksklusif, digunakan untuk menginformasikan penawaran premium, yang disebar pada event khusus dengan audien yang tertarget, maka brosur bisa dibuat lebih elegant, sebab walaupun biaya cetak brosur full colour tersebut lebih mahal dan tinggi, namun akan ter-cover oleh pemasukkan yang didapatkan dari hasil promosi via brosur tersebut.

Berapa biaya yang bisa dihemat dengan tips ini? Minimal Rp. 200.000 rupiah bisa Anda hemat, karena umumnya biaya laminasi (baik doff atau glossy) mengeluarkan dana sebesar itu, sebab itu adalah biaya minimal untuk laminasi (baik untuk quantity sedikit maupun banyak).

Jadi, jika total biaya cetak brosur full colour adalah 1.600.000,-, maka tanpa laminasi biaya yang Anda perlu keluarkan cukup dengan 1.400.000,- saja. Lumayan menghemat bukan?

Dan untuk mengantisipasi agar kertas brosur tidak mudah rusak, maka pilihlah jenis kertas yang tipis dan tidak terlalu tebal. Jenis kertas yang disarankan adalah art paper 120 gr, karena walaupun dilipat tidak akan mudah rusak dan lapisannya tetap terjaga (dengan catatan di-rel dan tidak dilipat manual tanpa rel).

 

Tips #3 : Desain Brosur Sendiri

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya cetak brosur adalah dengan mendesain sendiri layout brosur yang dibutuhkan.

Bagi pemula, urusan ini bisa diupayakan dengan memanfaatkan layanan desain gratis yang bisa diakses secara online. Sudah banyak penyedia layanan desain, seperti :

 

desain brosur canva

 

Memang masih ada keterbatasan bagi Anda yang memanfaatkan fasilitas gratis dari penyedia layanan desain di atas, namun template dan layout yang ada disana bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan gambaran serta komposisi warna, font, dan lain sebagainya untuk kemudian diaplikasikan sendiri pada software desain yang Anda kuasai.

Biaya desain ini lumayan tinggi, namun bagi Anda yang tidak mau capek dan buang waktu, tenaga, fikiran, bisa juga mengabaikan tips ini dan meminta bantuan Azka Pratama Print untuk membuatkan desain terbaik untuk brosur Anda. Insya Allah biaya yang dibebankan relatif lebih murah dibandingkan dengan jasa desain sebelah, hehe…

***

Mungkin untuk saat ini tips ini saja yang bisa kami bagikan untuk Anda yang ingin menghemat biaya cetak brosur full colour walaupun sebenarnya masih banyak tips-tips lain yang bisa dijelaskan. Jika saat membaca informasi ini Anda masih bingung dengan istilah-istilah dan perhitungan biayanya, jangan sungkan untuk menghubungi layanan konsumen Azka Pratama Print.

Untuk lebih mudahnya, silahkan klik tombol di bawah ini agar bisa terhubung secara otomatis via WA dengan layanan konsumen kami :

wa otomatis

Sebagai jasa percetakan Bandung yang alhamdulillah sudah berpengalaman sejak tahun 2010, kami memiliki trik dan tips sendiri untuk melakukan penghematan biaya produksi, sehingga bisa memberikan penawaran harga lebih murah dan ekonomis kepada para konsumen.

Kini giliran Anda untuk mendapatkan penawaran harga dan produk terbaik dari Azka Pratama Print, khususnya untuk memenuhi kebutuhan brosur Anda.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba đŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *