Ciri Undangan Khitanan yang Berkualitas

Ciri Undangan Khitanan yang Berkualitas

Bismillah…

Berbicara tentang ciri undangan khitanan, maka kita akan membahas tentang apa saja sih ciri, unsur, dan hal-hal yang menjadikannya layak untuk disebut sebagai undangan khitanan berkualitas atau bukan?! Oleh sebab itu, agar kita tidak hanya membuat undangan khitanan yang asal-asalan, maka kita harus memperhatikan baik-baik tentang ciri-ciri yang bisa menjadikannya masuk dalam kategori undangan yang berkualitas.

ciri undangan khitanan yang berkualitas

Adapun ciri undangan khitanan yang berkualitas antara lain :

#1 : Memberikan informasi dengan jelas, singkat dan padat

Kualitas undangan khitanan yang pertama kali bukan seputar bahannya yang mahal, desainnya yang elegant, serta ornamen-ornamen lain yang melengkapinya! Akan tetapi, sebuah undangan khitanan disebut berkualitas apabila bisa memberikan informasi dengan jelas walaupun dikemas dalam kalimat yang singkat dan padat.

Adapun informasi penting yang harus tercantum dalam sebuah undangan khitanan antara lain :

  • Nama lengkap anak yang di khitan,

  • Nama panggilan anak yang di khitan (ini perlu sekali dicantumkan, karena kebanyakan anak dikenal dengan nama panggilannya. Bahkan ada beberapa anak yang memiliki nama panggilan yang tidak tergambar dari nama lengkapnya),

  • Tanggal di khitan (ini penting untuk dicantumkan, baik itu dilakukan berbarengan dengan acara syukuran khitanan atau tidak),

  • Nama kedua orang tua dari anak yang di khitan,

  • Tempat diselenggarakannya syukuran,

  • Waktu pelaksanaan syukuran,

  • Peta lokasi acara syukuran (lebih baik jika disertakan QR code agar orang bisa mengakses via Google Maps secara online),

  • Doa untuk keshalihan anak (walaupun tidak semua orang membaca bagian ini, akan tetapi tidak ada salahnya untuk dicantumkan juga)

  • Foto anak (khusus untuk hal ini sengaja diberi warna yang berbeda, karena bukan termasuk unsur yang wajib, tetapi opsional saja. Mengenai foto ini akan diuraikan lebih lanjut pada penjelasan di bawah)

  • Acara (jika diselenggarakan acara lainnya, misalnya pengajian atau ceramah dengan mengundang ustadz untuk memberikan tausyiah kepada warga sekitar, sebaiknya dicantumkan juga agar bisa diketahui sehingga acara pengajian atau ceramahnya bisa dihadiri banyak orang, sehingga potensi pahala yang didapatkan oleh penyelenggara acara akan lebih banyak, insya Allah)

Apakah ada ide baru yang terfikirkan setelah membaca tentang berbagai jenis informasi penting yang perlu dicantumkan dalam sebuah undangan khitanan di atas? Jika iya, silahkan untuk segera mempersiapkan data-data tersebut untuk selanjutnya diproses ke pihak penyedia jasa percetakan undangan khitanan.

 

#2 : Tentang Pemilihan Desain

Apakah ada cara efektif untuk memilih desain terbaik tandepa harus repot-repot mencari kesana kemari? Jawabannya tentu ada! Berikut adalah cara yang dimaksud :

  1. Googling di internet dengan kata kunci “desain undangan khitanan”,

  2. Cari desain dari model undangan khitanan yang pernah didapat,

  3. Konsultasikan dengan pihak jasa percetakan undangan khitanan,

  4. Buat dan konsep desain undangan sendiri (ini hanya bisa dilakukan bagi mereka yang sudah terbiasa mengkonsep desain grafis),

Cara ke-1 bisa dilakukan dengan mudah, akan tetapi ada kekurangannya, yaitu desain yang dihasilkan belum tentu sama persis dengan konsep yang diberikan.

Cara ke-2 pun cukup mudah, akan tetapi kekurangannya adalah tidak semua jasa percetakan bisa melayani pembuatan desain undangan sebagaimana contoh yang Anda berikan,

Cara ke-3 menurut kami adalah yang paling efektif, karena Anda bisa menyampaikan konsep desain yang diinginkan, untuk kemudian dicarikan alternatif desain dan model undangan khitanan terbaik sesuai dengan keinginan Anda dari katalog yang mereka miliki. Untuk proses pengerjaan dan produksinya pun akan lebih mudah, lebih murah dan lebih cepat, undangan yang dihasilkan pun akan sama persis konsepnya.

Cara ke-4 ini sudah dijelaskan pada poin di atas.

Silahkan tentukan mana cara yang paling mudah dan efektif untuk mendapatkan desain undangan khitanan terbaik. Jika Anda lebih memilih cara ke-3, jangan sungkan untuk mengkonsultasikannya dengan layanan konsumen jasa percetakan Bandung AZKA PRATAMA Print di nomor 0812-2015-5557, atau klik tombol di bawah ini :

wa otomatis

#3 : Unsur Lain dalam Undangan

Sebetulnya dengan info yang dicantumkan pada sub judul pertama di atas, itu sudah cukup! Namun banyak diantara para orang tua yang menginginkan untuk mencantumkan unsur tambahan, seperti foto anak yang di khitan dan lafadz “bismillah” dengan tulisan arab. Apakah semua itu perlu dan boleh untuk dicantumkan? Akan kita kupas pada sub judul berikut.

  • Tentang Foto Anak yang Dikhitan

Anda bisa saja mencantumkan foto anak yang akan dikhitan pada undangan yang dibuat. Tujuannya tentu selain untuk menjadikan undangan lebih bagus, juga untuk memberikan gambaran kepada tamu yang diundang tentang anak yang di khitan. Sebenarnya tujuan dan manfaat pencantuman foto tersebut hanya itu saja dan manfaatnya tidaklah terlalu banyak.

Namun jika menimbang kelanjutan dari kartu undangan, yang umumnya tercecer di sudut ruangan, di tumpukan kertas bekas, bahkan yang terburuk adalah terbuang di tempat sampah, maka akan teramat disayangkan jika foto jagoan kita yang terpampang pada undangan khitanan berakhir di tempat-tempat tersebut tanpa mendapatkan perlakuan yang sepatutnya. Inilah yang menjadi pertimbangan banyak orang tua yang lebih memilih untuk tidak mencantumkan foto anaknya dalam sebuah undangan khitanan.

  • Tentang Lafadz Arab “Bismillah”

Demikian juga dengan lafadz “bismillahirrahmanirrahiim” pada sebuah surat, hal tersebut memang menjadi sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dalam kegiatan saling berkirim surat. Namun berbeda halnya dengan surat undangan khitanan, faktanya undangan tersebut akan berakhir sebagaimana yang diejalaskan pada paragraf sebelumnya, sedangkan dalam kata Bismillah terdapat lafadz Allah yang tidak boleh kita hinakan.

Oleh karena itu, untuk mengkompromikan hal tersebut, yakni kita tetap mengamalkan sunnah Rasul dengan memulai surat undangan dengan lafadz Bismillah, dan menghindari agar jangan sampai lafadz Allah berakhir di tempat yang tidak pantas, maka lafadz bismillah bisa dicantumkan dalam tulisan latin, yakni :

“Bismillahirrahmanirrahim”

***

Itulah hal penting yang harus dipertimbangkan dalam membuat sebuah undangan khitanan yang berkualitas. Undangan yang sudah mengandung semua unsur tersebut, maka sudah termasuk ciri undangan khitanan berkualitas. Sisanya tinggal kita percayakan jasa percetakan untuk membuatnya dengan bahan terbaik.

Mungkin tidak sedikit diantara Anda yang mengabaikan hal tersebut, akan tetapi hal ini penting untuk diketahui! Oleh karena itu, jika waktu dan pikiran Anda sudah tidak sempat untuk mengkonsep itu semua, maka solusi paling tepat untuk membuat undangan khitanan terbaik adalah dengan mempercayakannya kepada jasa cetak undangan khitanan terpercaya, seperti jasa percetakan Bandung AZKA PRATAMA Print misalnya.

Semoga informasi yang disampaikan ini bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba dan kami nantikan kabar gembira dari Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *