Desain Kwitansi dan Cara Mencetaknya

Desain Kwitansi dan Cara Mencetaknya

Dalam sebuah lembaga, komunitas, yayasan, perusahaan, dan lain sebagainya yang di dalamnya terdapat aktivitas keluar masuk uang serta sering terjadi transaksi keuangan, tentu sangat membutuhkan kwitansi! Sebab dengan kwitansi, pencatatan tentang transaksi serta arus keluar masuk uang bisa terarsip dengan baik dan teratur. Itu merupakan salah satu fungsi kwitansi yang umum dikenal di masyarakat.

Namun selain itu, masih ada lagi manfaat dan fungsi kwitansi yang penting untuk diketahui. Diantaranya untuk media promosi, media branding, serta media engage / mengikat orang-orang untuk terus menerus melakukan transaksi keuangan dengan kita. Penjelasan tentang manfaat-manfaat kwitansi akan dibahas dalam artikel lainnya.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan tentang cara desain kwitansi dan cara mencetaknya dengan mudah, praktis dan menyenangkan.

desain kwitansi

Mau tahu lebih lanjut? Silahkan simak penjelasan artikel ini hingga selesai…

 

Proses Membuat Desain Kwitansi

Sebelum menentukan desain kwitansi seperti apa yang akan digunakan, sebaiknya Anda persiapkan beberapa hal penting untuk dicantumkan dalam kwitansi, yakni :

  1. Alamat lembaga, usaha, atau kantor,

  2. Nomor telepon yang bisa dihubungi,

  3. Produk dan jasa yang disediakan.

Ketiga hal di atas penting untuk dicantumkan dalam kwitansi, agar orang-orang yang mendapatkan kwitansi kita bisa melihat dengan lebih detail tentangnya.

Setelah hal di atas disiapkan, maka kita bisa langsung meneruskan ke tahap desain kwitansi.

Ukuran yang paling banyak digunakan dalam kwitansi adalah ukuran A5 atau 1/2 folio, ukuran 1/3 folio, dan 1/4 folio. Ini bisa Anda tentukan sendiri sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan dalam kwitansi. Semakin banyak hal yang akan dituliskan, serta item yang akan dicantumkan, maka sebaiknya memilih kwitansi dengan ukuran yang lebih besar. Namun jika yang dituliskan dan dicantumkan hanya sedikit saja, maka Anda boleh memilih ukuran yang paling kecil, yakni 1/4 folio.

Software yang disarankan untuk membuat desain kwitansi adalah CorelDraw, karena fiturnya lengkap dan mudah untuk urusan desain. Selain itu, ketika ingin diteruskan ke tahap pencetakan, maka prosesnya akan lebih mudah dan gampang tanpa perlu convert sana convert sini.

Jika Anda tidak memiliki software Corel dan juga tidak memiliki waktu untuk mendesain sendiri, maka bisa memilih cara praktis yang akan dijelaskan kemudian.

 

Cara Mudah dan Praktis untuk Mencetak Kwitansi

Bagi Anda yang sudah punya desain maupun belum, maka proses untuk mencetak kwitansi bisa tetap dilakukan dengan mudah dan praktis dengan memanfaatkan jasa cetak kwitansi yang AZKA PRATAMA Print berikan.

  • Bagi yang sudah punya desain, tinggal kirimkan desain tersebut kemudian pihak AZKA PRATAMA Print akan mencetaknya menjadi kwitansi fisik hingga tahap finishing dan siap digunakan,

  • Bagi yang belum punya desain, tetap bisa mencetak kwitansi dengan mudah karena AZKA PRATAMA Print menyediakan jasa desain kwitansi sesuai kebutuhan dan permintaan konsumen, lalu desain tersebut dicetak dan dibuat menjadi kwitansi fisik yang siap digunakan.

Kebanyakan kwitansi menggunakan bahan kertas bernama NCR dengan variasi lapisan, bisa 2 ply, 4 ply, 4 ply dan seterusnya. Namun yang paling umum digunakan adalah 2 dan 3 ply dengan warna utama putih dan beberapa warna pilihan lainnya seperti pink, hijau muda, biru muda, kuning dan lain-lain.

Kwitansi yang sudah dicetak kemudian akan di finishing dengan blok lem, porporasi dan nomorator (opsional), kemudian di cutting sesuai ukuran yang dikehendaki.

Anda tidak perlu dibuat bingung dengan semua proses yang dijelaskan di atas, karena cukup dengan mempercayakan kebutuhan kwitansi kepada jasa percetakan Bandung AZKA PRATAMA Print, Anda hanya tinggal menunggu kwitansi diterima dalam kondisi siap pakai, karena semua prosesnya kami yang mengerjakan.

Untuk konsultasi dan memanfaatkan jasa cetak kwitansi ini, silahkan kontak saja layanan konsumen di nomor 0812-2015-5557, atau dengan klik tombol di bawah ini untuk tersambung via WA secara otomatis :

wa otomatis

***

Demikian informasi singkat tentang desain kwitansi dan cara mencetaknya yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *