Proses Membuat Kwitansi Lembaga atau Perusahaan

Proses Membuat Kwitansi Lembaga atau Perusahaan

Membuat kwitansi adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan bagi mereka yang sudah tahu prosesnya. Namun bagi yang sama sekali blank dan tidak tahu tentangnya, maka proses membuat kwitansi bisa menjadi sesuatu yang membingungkan dan bisa berujung kegagalan.

Dalam artikel kali ini akan kami jelaskan sekilas tentang apa saja sih proses membuat kwitansi atau nota yang seringkali diperlukan oleh lembaga atau perusahaan, yang insya Allah akan membuat Anda bisa lebih mudah dan nyaman dalam membuat kwitansi.

Oke, tanpa perlu panjang lebar lagi! Berikut adalah proses yang harus dilalui :

 

#1 : Pembuatan Desain

Untuk tahap ini, Anda yang memiliki keterampilan dalam penggunaan software desain bisa membuatnya sendiri, menyesuaikan model dan konsepnya sesuai keinginan, hingga fix untuk dicetak dan diproduksi.

Namun jika Anda tidak memiliki keterampilan tersebut, maka bisa memanfaatkan jasa desain kwitansi terdekat dari tempat kantor atau tempat usaha Anda. Tentu ada biaya dalam hal ini, namun hal tersebut tidak seberapa dibandingkan dengan hasil desain yang didapatkan.

 

#2 : Pra Cetak

Proses yang dilakukan setelah membuat desain adalah tahap pra cetak, yakni pembuatan plat cetak dan pembelian bahan kertas. Plat yang digunakan umumnya plat toko dengan area cetak sekitar ukuran F4, karena kwitansi rata-rata berukuran kecil seperti ukuran A5, sepertiga F4 atau seperempat F4.

Kertas yang digunakan untuk nota, kwitansi, atau bon bernama NCR yang bisa disesuaikan dengan keinginan dalam segi warna, segi jumlah lapisan, dan merk kertas NCR itu sendiri.

 

#3 : Cetak

Setelah plat dan kertas dipersiapkan, maka tinggal masuk tahap cetak dengan menggunakan mesin toko standar atau getstender. Mesin ini lebih banyak dipilih karena biaya cetaknya lebih murah dan sudah memadai untuk mencetak kwitansi yang ukurannya tidak akan lebih dari F4 (folio).

Proses cetak ini bisa dilakukan sesuai desain yang diinginkan, jika desain kwitansi dibuat agar dicetak dalam 2 warna, maka proses cetaknya 2 kali dengan 2 plat yang berbeda. Jika desainnya 3 warna, maka proses cetaknya pun 3 kali dengan 3 plat yang berbeda setelah dilakukan separasi atau pemisahan warna dari software khusus.

 

#4 : Finishing

Setelah proses cetak selesai, maka langkah selanjutnya adalah melakukan finishing, dimana kwitansi atau nota yang dihasilkan disusun setiap lapisannya, pemberian nomorator dengan seri yang berurutan, diberi porporasi (agar mudah disobek), hingga kemudian di blok lem agar setiap lembaran yang tadinya terpisah menjadi berbentuk buku.

 

#5 : Potong

Setelah finishing selesai, maka langkah terakhir adalah proses potong sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan. Setelah melalui proses ini, maka kwitansi atau nota yang diproduksi sudah siap digunakan.

 

***

Itulah informasi singkat tentang proses pembuatan kwitansi yang bisa kami bagikan. Mungkin hal-hal detail ini tidak akan terlalu diperhatikan oleh lembaga atau perusahaan yang padat dengan tugas dan pekerjaannya. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan kwitansi atau nota, maka yang diambil adalah dengan memanfaatkan jasa cetak kwitansi, jasa cetak nota, atau jasa cetak bon yang tersedia.

AZKA PRATAMA Print sebagai jasa percetakan Bandung yang berpengalaman sejak tahun 2010, merupakan salah satu penyedia jasa pembuatan kwitansi yang bisa dimanfaatkan jasa dan layanannya. Tinggal menghubungi layanan konsumen, maka kebutuhan kwitansi, nota, bon yang perusahaan atau lembaga Anda butuhkan, bisa terpenuhi dengan mudah dan praktis tanpa harus dibuat bingung dengan seluruh proses yang diuraikan di atas.

Salah satu kelebihan lain dari AZKA PRATAMA Print, adalah tersedianya layanan jemput antar pesanan yang memungkinkan siapapun untuk memenuhi berbagai kebutuhan produk percetakan dengan mudah tanpa harus beranjak dari tempat duduk. Karena semua bisa terpenuhi hanya dengan menghubungi CS di 0812-2015-5557, atau klik tombol di bawah ini :

wa otomatis

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *