Tips Cetak Brosur Jadi Lebih Mudah dan Praktis

Kegiatan cetak brosur merupakan rangkaian dari berbagai proses yang harus dilewati hingga menghasilkan sebuah produk brosur yang siap pakai dan siap sebar, yang meliputi :

  1. Proses desain

  2. Proses cetak

  3. Proses cut

  4. Proses finishing

Diantara semua proses di atas, nomor 1 dan 2 adalah proses yang memakan waktu paling lama, terlebih jika desain yang dipilih adalah desain yang eksklusif dan kompleks, dan proses cetaknya pun tentu akan lebih lama sebab diperlukan proses yang lebih banyak daripada pencetakan desain yang simple yang sederhana.

 

tips cetak brosur

 

Bagi Anda yang selama ini mengeluh karena telah menghabiskan banyak waktu hanya untuk cetak brosur dan melewati semua proses di atas, saat ini sudah tidak perlu mengeluh lagi, sebab kali ini akan kami berikan tips cetak brosur jadi lebih mudah dan praktis. Mudah karena Anda tidak perlu ribet-ribet dalam setiap prosesnya, praktis karena Anda tidak perlu susah payah dalam mencetaknya.

Apakah tips cetak brosur yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

 

Tips #1 : ATM

ATM disini bukan singkatan dari Automatic Teller Machine yah! Akan tetapi ATM disini adalah teknik yang bisa Anda lakukan ketika melalui proses desain. Dengan melakukannya, maka proses tersebut bisa lebih cepat dan hasil yang didapat bisa lebih tepat.

  • A = Amati

Silahkan anda cari beberapa sample desain yang mewakili konsep brosur yang ingin dibuat. Jika brosur yang akan dibuat untuk promosi sekolah, maka tinggal searching saja di Google Images dengan mengetikkan “brosur sekolah” atau “brosur penerimaan siswa baru” dan lain sebagainya.

Silahkan pilih beberapa desain yang menurut Anda cocok, kemudian simpan gambarnya. Done

  • T = Tiru

Setelah didapat beberapa desain yang cocok, langkah selanjutnya adalah tiru konsep desain tersebut, Anda pun bisa mengambil beberapa elemen desain dari contoh-contoh yang didapat, untuk dipadukan dalam sebuah konsep desain yang baru dan fresh.

  • M = Modifikasi

Jangan caplok mentah-mentah semua desain yang dikumpulkan, akan tetapi lakukan modifikasi agar desain yang dihasilkan menjadi baru, unik, dan fresh. Mencaplok dan plagiat 100% tanpa melakukan perubahan apapun merupakan hal yang tidak etis dalam dunia desain. Oleh karena itu, lakukan proses modifikasi untuk menghindarinya.

 

Tips #2 : Pilih Jasa Percetakan Terpercaya

Tips cetak brosur yang mudah dan praktis selanjutnya berbicara tentang proses cetak. Dalam urusan yang satu ini, kita tidak boleh asal-asalan dalam memilih jasa percetakan yang akan kita manfaatkan jasanya untuk mencetakkan brosur yang diinginkan.

Pemilihan jasa percetakan yang keliru hanya akan memberikan penyesalan dan kekecewaan. Misalnya karena warna cetak yang tidak akurat, hasil finishing brosur yang tidak presisi, bahan banyak terbuang karena gagal dalam pencetakan yang menjadikan cost untuk bahan baku meningkat, dan lain sebagainya.

Untuk mengantisipasi agar tidak mengalami hal tersebut, diperlukan kejelian dan sikap bijak dalam memilih jasa percetakan yang terpercaya.

Diantara sekian banyak pilihan, untuk tips nomor 2 ini Anda bisa mencoba memanfaatkan jasa percetakan Bandung terpercaya yang memberikan pelayanan jasa cetak brosur terbaik.

 

Tips #3 : Pilih Operator Cutting yang Ahli

Sebetulnya dalam tahap ini ada 2 pihak yang bertanggung jawab, yakni desainer dan operator mesin potong. Jika keduanya dipadukan dengan baik, maka brosur yang dihasilkan akan berkualitas. Jika salah satunya ada yang miss, maka hasil brosurnya pasti ada sisi kekurangannya.

Namun jika Anda sudah menjalankan tips #1 di atas, maka upaya lanjutannya adalah dengan memilih operator cutting yang ahli di bidangnya. Untuk urusan ini Anda tidak perlu bingung-bingung karena ketika memilih jasa percetakan brosur berpengalaman, maka Anda sudah mempercayakan operator cutting yang ahli untuk memotong brosur Anda.

 

Tips #4 : Tentukan Jenis Finishing yang Oke

Finishing disini meliputi tahap pelipatan, pond (untuk brosur dengan bentuk khusus), dan jenis laminasi. Untuk masalah laminasi, biasanya dilakukan sebelum tahap cutting, namun yang lainnya dilakukan setelah tahap cutting.

Pelipatan yang rapi, pembentukan brosur yang unik, bisa memberikan nilai tambah tersendiri bagi brosur yang dihasilkan. Dan ketika brosur tersebut memiliki kualitas terbaik, maka penawaran, program, promo, serta informasi apapun yang dicantumkan dalam brosur tersebut akan lebih diterima oleh pembacanya.

 

***

 

Demikianlah tips cetak brosur yang mudah dan praktis yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini. Sekali lagi jangan lupa untuk menjalankan keempatnya agar Anda dapat mendapatkan brosur terbaik yang sesuai harapan.

Semoga apa yang dibagikan ini bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan brosur yang diinginkan. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *